Rumah Kaligrafi Dar El-Qalam merupakan sebuah yayasan independen yang memiliki tujuan untuk menjaga dan mengembangkan seni kaligrafi Islam, khususnya di Kota Padang. Kaligrafi merupakan seni menulis indah ayat Al-Qur’an ini bukan sekedar sebuah tulisan, tapi juga merupakan wujud dari nilai spiritual dan keindahan mendalam yang dimiliki agama Islam. Meskipun Rumah Kaligrafi Dar El-Qalam ini aktif dalam pendidikan, memberikan layanan kaligrafi untuk masjid, membuat lukisan kaligrafi yang memukau, serta menjual alat-alat kligrafi, namun nama dari Rumah Kaligrafi Dar El-Qalam ini belum terlalu dikenal di dunia maya. Persncangan ini dimaksudkan untuk membuat video company profile yang dapat memperkuat citranya, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan menarik minat mitra dan peserta didik baru dengan menggunakan strategi komunikasi visual yang terencana. Metode yang digunakan pada perancangan ini yaitu dengan melakukan pengamatan langsung, wawancara, penyebaran kuisioner, studi literatur, dan juga dengan dokumentasi yang dianalisis dengan metode SWOT dan AISAS. Hasil dari perancangan ini yaitu sebuah video profil dengan durasi 2 menit 28 detik, ditambah dengan bauran media lainnya seperti : postingan instagram, buku profil, poster, banner, t-shirt, art bag, lanyard, id card dan merchandise. Dari hasil perancangan ini menunjukan bahwa video dengan visual dan narasi yang kuat dapat memperkuat pemahaman pada daya tarik pada citra Rumah Kaligrafi Dar El-Qalam. Perancangan karya ini diharapkan dapat menjadi panduan pada pengembangan media infformasi dan promosi bagi lembaga terkait pada bidang kebudayaan.
Copyrights © 2025