Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia
Vol 5 No 1 (2025): JISHI - Juni 2025

Representasi Perempuan Indonesia dalam Iklan Produk Perawatan Rambut di Youtube: Analisis Isi Kuantitatif

Alwi, Amanda (Unknown)
Syauqi, Zahra (Unknown)
Maheswari, Ayudya (Unknown)
Risqiyanti, Annisa (Unknown)
Widianto, Fajar (Unknown)
Pasha, Chitra (Unknown)
Ramadani, Surya (Unknown)
Ramadhani, Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis representasi perempuan dalam iklan produk perawatan rambut di YouTube Indonesia. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif, penelitian mengevaluasi simbol-simbol representasi perempuan dalam 41 iklan dari 13 merek populer. Hasil menunjukkan bahwa perempuan sering dengan ciri-ciri ideal seperti rambut panjang, hitam, berkilau, kulit putih, serta tubuh langsing merepresentasikan standar kecantikan ideal. Representasi ini mempengaruhi persepsi masyarakat tentang bagaimana perempuan direpresentasikan serta menimbulkan ekspektasi tinggi terhadap penampilan dan mempengaruhi rasa percaya diri perempuan di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi memberikan pemahaman tentang bagaimana stereotip gender dalam iklan berperan pada pembentukan standar kecantikan yang sempit.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jishi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, dan Praktisi dari seluruh Indonesia . JISHI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Ilmu Sosial 2. Humaniora Jurnal Ilmu ...