Interaksi sosial merupakan sebuah keterampilan krusial yang harus dimiliki oleh anak-anak usia sekolah dasar seiring denga perkembangan dan pola bermain mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas permainan tradisional terhadap interaksi sosial anak sekolah dasar di SDN 34 Pontianak. Metode penelitian ini mengguanakan desain eksperimen One Group Pretest Posttest terhadap 15 subjek yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil menunjukan bahwa terdapat peningkatan interaksi sosial yang dilihat dari perubahan pada 4 orang anak berdasarkan hasil observasi dan lembar kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan munculnya indikator-indikator dalam aspek interaksi dalam interaksi sosial anak setelah terlibat dalam permainan tradisional. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan efektifitas permainan tradisional dalam meningkatkan interaksi sosial anak dan memerikan implikasi pada pendidikan karakter.
Copyrights © 2025