Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek menggunakan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba. Studi ini menggunakan desain pra-eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari siswa dari SMPN 26 Bulukumba, dan sampel dipilih melalui pengambilan sampel secara sengaja, yang melibatkan satu kelas 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman membaca siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test adalah 53,50, sedangkan rata-rata skor post-test meningkat menjadi 68,66. Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (4,3) lebih besar dari nilai t-tabel (1,714), yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H?) diterima dan hipotesis nol (H?) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil secara efektif dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba.
Copyrights © 2025