Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Vol 4 No 1 (2025): Maret

Pengaruh Penggunaan Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Pemahaman Membaca di Kelas VIII SMPN 26 Bulukumba.

Rohayu, Citra (Unknown)
Emirati, Emirati (Unknown)
Marzuki, Mutmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek menggunakan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba. Studi ini menggunakan desain pra-eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari siswa dari SMPN 26 Bulukumba, dan sampel dipilih melalui pengambilan sampel secara sengaja, yang melibatkan satu kelas 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman membaca siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test adalah 53,50, sedangkan rata-rata skor post-test meningkat menjadi 68,66. Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (4,3) lebih besar dari nilai t-tabel (1,714), yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H?) diterima dan hipotesis nol (H?) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil secara efektif dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jesfa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Journal of Education Sciences: Fondation & Application ini adalah sebagai berikut: 1. Community Development 2. Learning Models 3. Training and Courses 4. Informal Education 5. PAUD Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses ...