Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 6 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI AJAR TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS GEOGEBRA

Dwita Sari, Venny (Unknown)
Rakhmawati, Fibri (Unknown)
Lubis, Nur Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran matematika pada materi ajar Teorema Pythagoras berbasis GeoGebra di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development yaitu dengan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis GeoGebra. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis GeoGebra valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Teorema Pythagoras. Penggunaan perangkat ini juga mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika yang abstrak dan memperkuat keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang inovatif dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.ABSTRACT This study aims to determine the validity of a mathematics learning device on the Pythagorean Theorem material based on GeoGebra at SMP Muhammadiyah 7 Medan. The research method used is Research and Development (R&D), which involves developing a mathematics learning device based on GeoGebra. The study utilizes the 4-D development model (Define, Design, Development, and Disseminate). The subjects of the trial are the eighth-grade students of class VIII-2 at SMP Muhammadiyah 7 Medan. The results indicate that the GeoGebra-based learning device is valid, practical, and effective in improving students' learning outcomes on the Pythagorean Theorem material. The use of this device also enhances the understanding of abstract mathematical concepts and strengthens students' skills in solving mathematical problems. Therefore, this learning device is expected to serve as an innovative alternative in the mathematics learning process at schools.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...