Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 6 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN METODE NEWMAN

Dalimunthe, Sri Ulfah Afriani (Unknown)
Lubis, Marasamin (Unknown)
Ammamiarihta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode pendekatan desriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai sesuatu yang kita teliti atau kita amati.Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa adalah menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil penelitian tentang kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para siswa tersebut dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah kesalahan dalam membaca soal dilakukan sebanyak 0 kesalahan, kesalahan dalam memahami soal dilakukan sebanyak 28 kesalahan, kesalahan dalam mentransformasi soal dilakukan sebanyak 38 kesalahan, kesalahan dalam memproses soal dilakukan sebanyak 38 kesalahan dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan dilakukan sebanyak 38 kesalahan. Terdapat 4 jenis kesalahan dari 5 jenis kesalahan dalam metode Newman yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Angkola Barat yaitu kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam mentransformasi soal, kesalahan dalam memproses soal, dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan. ABSTRACT This study employs a descriptive qualitative approach aimed at providing a comprehensive and in-depth understanding of the subject being researched or observed. One of the essential skills students must master is solving word problems in mathematics. The research findings regarding the errors made by students in solving mathematical word problems show the following: no errors were made in reading the problem, 28 errors occurred in understanding the problem, 38 errors were made in transforming the problem, 38 errors happened in processing the problem, and 38 errors occurred in drawing conclusions. Out of the five types of errors in the Newman method, four types were identified among the eighth-grade students at SMP Negeri 2 Angkola Barat: errors in understanding the problem, errors in transforming the problem, errors in processing the problem, and errors in drawing conclusions.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...