Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 6 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA MENURUT TEORI BRUNER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Febrianto Siregar, Dandi (Unknown)
Ulfa Hasanah, Rusi (Unknown)
Rasyid Karo-Karo, Isran (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Numerasi adalah kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa MTs Zia Salsabila pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Bruner, yang terdiri dari tiga tahap: enaktif, ikonik, dan simbolik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilakukan pada siswa kelas VIII-A semester ganjil 2024/2025. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes numerasi dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan numerasi dan wawancara untuk memahami pola berpikir siswa sesuai teori Bruner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih dominan pada tahap ikonik dan simbolik, sementara tahap enaktif kurang berpengaruh. Dari 18 subjek yang diuji, hanya 4 siswa yang mencoba tahap enaktif, tetapi jawaban mereka tidak benar. ABSTRACT Numeracy is the ability of students to apply mathematical concepts to solve everyday problems, in accordance with Permendikbud No. 23 of 2015. This study aims to describe the numeracy skills of MTs Zia Salsabila students on flat-sided space building material based on Bruner's theory, which consists of three stages: enactive, iconic, and symbolic. This research uses qualitative methods and is conducted on students in class VIII-A odd semester 2024/2025. The research subjects were selected based on the numeracy test results with high, medium, and low categories. The research instruments included numeracy tests and interviews to understand students' thinking patterns according to Bruner's theory. The results showed that students were more dominant in the iconic and symbolic stages, while the enactive stage was less influential. Of the 18 subjects tested, only 4 students tried the enactive stage, but their answers were incorrect.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...