Siswa cenderung tidak dinamis dalam sistem pembelajaran matematika, terlebih matematika menjadi seperti hal yang sangat menakutkan dikarenakan pandangan awal dari dalam diri siswa sendiri yang menganggap bahwa matematika adalah hal yang sangat sulit dan pelajaran yang sangat membosankan Metodologi Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak 105 siswa. sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1A sebanyak 17 siswa dan XI MIPA 2A sebanyak 17 siswa. instrument penelitian yang digunakan adalah berbentuk tes uraian. hasil temuan ini menunjukan bahwa Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran talking stick dan Discovery Learning pada Materi Integral di Kelas XI SMAN 1 Batangtoru. Hasil pengujian uji-t diperoleh thitung > ttabel yakni thitung sebesar 3,88 dan ttabel = 2,14 pada taraf α=0,05 yaitu 3,88 > 2,14 arti hipotesis alternatif (Ha) diterima. ABSTRACT Students tend not to be dynamic in the mathematics learning system, especially mathematics becomes something very scary because of the initial view from within the students themselves who consider mathematics to be very difficult and a very boring lesson. Methodology This study uses a quantitative research method. The population of the study was all students of class XI MIPA as many as 105 students. The sample of this study was class XI MIPA 1A as many as 17 students and XI MIPA 2A as many as 17 students. The research instrument used was in the form of a descriptive test. The findings show that there are differences in student learning outcomes taught with the talking stick and Discovery Learning learning models on integral material in class XI SMAN 1 Batangtoru. The results of the t-test obtained t-count > t-table, namely t-count of 3.88 and t-table = 2.14 at the α = 0.05 level, namely 3.88 > 2.14, meaning the alternative hypothesis (Ha) is accepted.
Copyrights © 2024