Penelitian yang telah dilakukan untuk melihat hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di sekolah. Berkembangnya pendidikan tidak terlepas dari yang namanya pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu peneliti berharap adanya media dengan menggunakan HP dapat membuat pembelajaran aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan metode kuantitatif. Adapun populasi dari peneliti ini yaitu peserta didik SMA Swasta PABA Binjai dengan sampel 21 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil koefisien determinan sebesar 0,44 atau 44% dengan kategori sedang jika dipresentase kan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa. Serta hasil hipotesis t-hitung > t-table yaitu 2,46977 > 2,01954097. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Operasi Matriks kelas XI di SMA Swasta PABA Binjai. ABSTRACT The research that has been conducted to see the learning outcomes of students in mathematics subjects in schools. The development of education is inseparable from what is called knowledge and technology. Therefore, researchers hope that the existence of media using cellphones can make learning active and improve student learning outcomes. This research method was carried out using a quasi-experimental research type with a quantitative method. The population of this researcher is students of SMA Swasta PABA Binjai with a sample of 21 students in the experimental group and 22 students in the control class. The results of this study are the magnitude of the influence of the STAD type cooperative learning model with a determinant coefficient of or with a moderate category if presented. The results of this study indicate an influence on the application of the STAD (Student Team Achievement Division) type cooperative learning model on student learning outcomes. And the results of the hypothesis are . Therefore, the application of the STAD type cooperative learning model has an effect on student learning outcomes in the Matrix Operation material for class XI at SMA Swasta PABA Binjai.
Copyrights © 2025