Pembelajaran matematika di indonesia masih dihadapkan pada berbagai permasalahan, terutama rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa di kelas vii MTsN. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswa kelas vii MTsN 2 medan yang berjumlah 400 siswa. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling, dari 10 kelas yang ada terpilih 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas vii-a sebagai kelas eksperimen dan kelas vii-b sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui instrument tes berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional.ABSTRACTÂ Mathematics learning in indonesia is still faced with various problems, especially the low creative thinking and mathematical communication skills of students. Therefore, a learning approach is needed that can help improve creative thinking and mathematical communication skills. This study aims to determine the effect of the Project Based Learning (PjBL) model on the creative thinking and mathematical communication skills of students in class vii MTsN. This research was conducted at MTsN 2 medan. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental method. The population in this study were all 400 students in class vii MTsN 2 medan. In determining the sample, the researcher used the cluster random sampling technique, from 10 classes, 2 classes were selected assamples, namely class vii-a as the experimental class and class vii-b as the control class. Data collected through test instruments in the form of essay questions. The results of the study showed that the creative thinking and mathematical communication skills of students taught using the Project Based Learning model were higher than those taught using the conventional model.
Copyrights © 2025