Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang berorientasi pada kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Babul Ulum Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket kepraktisan, dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil validasi LKPD menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 86,16% (kategori valid). Kepraktisan berdasarkan angket guru dan siswa masing-masing mencapai 94,7% dan 84,9% (kategori sangat praktis). Efektivitas LKPD dilihat dari hasil tes literasi matematis siswa yang mencapai rata-rata 87,5% (sangat efektif) dan angket respon siswa sebesar 81,68% (kategori sangat positif). Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan literasi matematis siswa. ABSTRACT This study aims to develop student worksheets (LKPD) oriented to the mathematical literacy skills of VIII grade students on the material of two-variable linear equation systems at MTs Babul Ulum Medan. This research uses the Four-D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The research subjects were students of class VIII-3. The instruments used include validation sheets, practicality questionnaires, and mathematical literacy tests. The LKPD validation results showed a validity level of 86.16% (valid category). Practicality based on teacher and student questionnaires reached 94.7% and 84.9% respectively (very practical category). The effectiveness of LKPD is seen from the results of students' mathematical literacy tests which reached an average of 87.5% (very effective) and student response questionnaires of 81.68% (very positive category). Thus, the developed LKPD is declared feasible to use as a learning resource to improve students' mathematical literacy.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025