Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 4 No 2 (2018): VOL 4 NO 2, OKTOBER 2018

PENERAPAN POLA ASUH OTORITER PADA ANAK (Studi Kasus Pada Kader Posyandu Di Desa Kawungluwuk Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang)

azis, wulanda aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2019

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi orangtua yang bekerja adalah menentukan pola asuh yang bagaimana untuk diterapkan kepada anaknya. Setiap orangtua pasti ingin mengasuh sendiri anaknya dengan penuh kasih sayang bahkan punya harapan sesuai dengan tahapan-tahapan perkembangan anak. Akan tetapi ketika orangtua bekerja diluar rumah, itu artinya menjadi suatu pilihan oranngtua untuk menitipkan anaknya kepada kakek nenek, pengasuh atau ke tempat penitipan anak. Itu semua memiliki konsekuensi yang harus ditanggung oleh orangtua yaitu berupa bagaimana perkembangan anak tumbuh, perkembangan psikologis atau asupan gizinya. Dalam proses tumbuh kembang menjadi manusia, anak mulai dibentuk kepribadiannya oleh orangtua. Pemberian perlakuan oleh orangtua kepada anaknya menekankan pada bagaimana mengasuh anak dengan baik. Pada umumnya perlakuan orangtua didalam mengasuh anak-anaknya diwujudkan dalam bentuk merawat, mengajar dan membimbing. Dalam keluarga, pengasuhan diterapkan secara variatif, tergantung pada faktor pendukung dari orangtua dan lingkungan masing-masing. Pada akhirnya pola asuh orangtua sangat menentukan pertumbuhan anak, baik menyangkit perkembangan kognitif, bahasa, fisik motorik, agama atau sosial emosional anak. Dalam mengasuh anak, lingkungan harus mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak untuk dapat bermain serta belajar sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya.Kata Kunci: Pola Asuh, Anak

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...