Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Vol 9, No 1: Juni 2025

Media Strategi Geopark Maros Pangkep Dalam Upaya Meraih Predikat Unesco Global Geopark

chotijah, siti (Unknown)
Kusumo, Yudhy Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pencapaian Geopark Maros Pangkep ( GMP) sebagai Unesco Global Geopark ( UGG) patut diapresiasi. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran media sebagai alat komunikasi, sosialisasi dan pembentukan opini publik. Strategi media dibutuhkan untuk pencapaian kesuksesan program melalui pemanfaatan yang efektif dan efisien. Pola strategi media yang dilakukan oleh GMP penting diteliti sebagai upaya mendapatkan pola baru pemanfatan media dalam penapaian tujuan organisasi serta upaya brading dan menaikkan reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media yang dilakukan GMP dalam upaya pemenangan UGG dengan metode kualitatif diskriptif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi serta studi dokumen yang diolah dan dilakukan validasi melalui triangulasi data. Hasil dari penelitian ini merupakan model strategi media yang dilakukan GMP dalam upaya mencapai UGG. Model ini dapat diterapkan dan dimodifikasi untuk kepentingan berbagai organisasi atau upaya pemenangan berbagai kompetisi dalam upaya mendapatkan reputasi dan menaikkan citra.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Manajamen Informasi dan Komunikasi menerima naskah-naskah berbasis penelitian di bidang manajemen informasi dan komunikasi antara lain bidang literasi informasi dan komunikasi, tata kelola informasi, public relations, corporate social responsibility, serta kajian-kajian ilmiah ...