CITRAWIRA : JOURNAL OF ADVERTISING AND VISUAL COMMUNICATION
Vol. 6 No. 1 (2025)

Penanda Budaya Visual pada Desain Kemasan Produk Ne Bali Soap

Murtono, Taufik (Unknown)
Suardiana, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Produk perawatan tubuh berbahan alami menawarkan alternatif bagi konsumen yang ingin menghindari bahan kimia berbahaya, seperti produk perawatan tubuh dari Ne Bali Soap di Denpasar, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda budaya visual pada desain kemasan produk Sabun Ne Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data primer berupa sampel produk dan data sekunder dari studi literatur tentang kemasan. Analisis data menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yang menguraikan makna tanda pada tiga tingkatan: denotatif, konotatif, dan mitos. Hasil penelitian ini adalah deskripsi penanda budaya pada kemasan dengan pemaknaan konotasi, denotasi, dan mitos dalam kemasan produk, yang selaras dengan prinsip desain dan penerapan elemen visual

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citrawira

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus utama jurnal ini adalah untuk mempromosikan forum diskusi secara akademik global dan pertukaran interdisipliner maupun multidisiplin keilmuan dari para cendekiawan peneliti yang mengeksplorasi topik pada permasalahan periklanan dan komunikasi visual. Serial ini akan mendorong inovasi dan ...