Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I SDN Banjarsari Kulon 02 (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas I SDN Banjarsari Kulon 02 menggunakan papan pintar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi simbol Pancasila. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjarsari Kulon 02 yang terdiri 18 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis dengan cara membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan uji t (t-tes) dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Namun sebelumnya melakukan Sample Statistics dan Correlations terlebih dahulu. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi Aku Cinta Pancasila mengalami peningkatan setelah diterapkannya media papan pintar, yaitu dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media papan pintar lebih dalam peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri Banjarsari Kulon 02.
Copyrights © 2025