Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 17 No 1 (2025): Jurnal Penelitian Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Papan Pintar Materi Aku Cinta Pancasila Kelas I SDN Banjarsari Kulon 02

Choirin Sutopo, Tuty Mirda Mufidah (Unknown)
Huda, Khoirul (Unknown)
Susanto, Ferry Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas I SDN Banjarsari Kulon 02 (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas I SDN Banjarsari Kulon 02 menggunakan papan pintar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi simbol Pancasila. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjarsari Kulon 02 yang terdiri 18 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis dengan cara membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan uji t (t-tes) dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Namun sebelumnya melakukan Sample Statistics dan Correlations terlebih dahulu. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi Aku Cinta Pancasila mengalami peningkatan setelah diterapkannya media papan pintar, yaitu dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media papan pintar lebih dalam peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri Banjarsari Kulon 02.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is media for strenghtening communication, research and revelopment of educational sciences. High quality open access peer reviewed research journal in field of education focusing on learning innovations, social science education, linguistics education, sport science education, ...