Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 2 (2025): Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam

Pendidikan Islam sebagai Pilar Harmoni Sosial dan Keadilan Hukum dalam Masyarakat Multikultural

Anisa Ananda (Unknown)
Mia Hasanah Amanah Illahi (Unknown)
Teddy Rahman Al Hakim (Unknown)
Saepul Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi pendidikan Islam dalam membentuk karakter toleran, kesadaran hukum, dan sikap inklusif di tengah masyarakat multikultural Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif-kualitatif, melalui analisis isi (content analysis) terhadap literatur akademik dari jurnal nasional terakreditasi, buku, dan dokumen kebijakan terkait. Fokus analisis diarahkan pada keterkaitan pendidikan Islam dengan nilai-nilai sosial seperti ukhuwah insaniyah, keadilan, dan penghargaan terhadap hukum positif serta prinsip demokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki potensi strategis sebagai instrumen pembentukan kesadaran sosial yang mendorong integrasi nilai-nilai keislaman dengan realitas pluralisme hukum dan budaya. Temuan ini menegaskan perlunya peran aktif institusi pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan Islam berbasis multikultural. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi perspektif sosiologis, yuridis, dan multikultural dalam kerangka pendidikan Islam—yang belum banyak dikaji dalam studi sebelumnya. Implikasi praktisnya mencakup perlunya reformasi kurikulum, peningkatan kompetensi guru dalam pendekatan multikultural, serta pembentukan budaya sekolah yang inklusif dan demokratis untuk menjawab dinamika keragaman sosial kontemporer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...