Instagram merupakan media sosial berbasis foto dan video yang penggunanya terbanyak di dunia. Seiring berkembangnya teknologi, kini Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa asing karena memiliki fitur yang menarik sehingga dapat diakses secara luas. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran Français du Secrétariat (Bahasa Prancis kesekretariatan) berbasis media sosial Instagram. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih belum banyaknya penggunaan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran Français du Secrétariat yang dapat diakses secara luas. Penelitian ini mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram, pemilihan materi yang sesuai untuk disajikan secara digital, serta persepsi mahasiswa terhadap efektivitas media tersebut. Metode yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation) oleh Richey & Klein (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media dirancang melalui analisis kebutuhan media, dan analisis kebutuhan materi, dilanjutkan dengan desain produk, dan mengunggahnya di Instagram @cours.du.secretaire. 2) Hasil evaluasi materi dan media dari penilai ahli (expert judgement) menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan. 3) Diperoleh data yang menunjukkan 90,5% dari 14 mahasiswa menilai media pembelajaran ini efektif dan layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran Français du Secrétariat secara mandiri. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis Instagram ini memenuhi kriteria kelayakan untuk mendukung pembelajaran Français du Secrétariat secara mandiri.
Copyrights © 2025