Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs Swasta di Bekasi

Nuh, Muhammad (Unknown)
Suhendra, Pepen (Unknown)
Faoji, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada masih terbatasnya pemahaman formal guru terhadap teori pedagogik, yang dapat menghambat optimalisasi strategi pembelajaran Bahasa Arab di kelas. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh guru untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan secara spesifik untuk mengidentifikasi kontribusi penguasaan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab di kelas 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab yang mengajar di kelas VIII pada salah satu MTs swasta di Bekasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru bahasa Arab memiliki penguasaan pedagogik yang baik dalam mengelola pembelajaran, memahami karakteristik peserta didik, serta menggunakan metode dan media pembelajaran yang interaktif. 2) Meskipun guru belum mengenal teori pedagogik secara formal, praktik mengajar langsung dapat menguatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru. 3) Peningkatan hasil belajar siswa, baik secara kognitif maupun performative, menunjukkan kontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penguasaan kompetensi pedagogik menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...