Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

Pengembangan Pohon Baca Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Alquran Anak Usia Dini Usia di Raudhatul Athfal Jakarta Utara

Hakim, Annisa (Unknown)
Budiarti, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini penting karena mengatasi keterbatasan alat permainan edukatif yang efektif dalam membantu anak usia dini mengenal huruf Hijaiyah di lembaga PAUD. Selain itu, pengembangan media yang menarik dan sesuai kebutuhan anak dapat meningkatkan literasi agama sejak dini, yang menjadi fondasi penting dalam pendidikan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk permainan pohon baca huruf Hijaiyah sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca awal Alquran pada anak usia dini (5-6 tahun) di lembaga Raudhatul Athfal, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Para guru di lembaga tersebut menghadapi permasalahan keterbatasan alat permainan edukatif yang dapat secara efektif menstimulasi kemampuan membaca huruf Hijaiyah. Sebagian besar alat permainan yang ada sudah rusak, tidak menarik, serta terbuat dari bahan yang berat dan mahal dalam perawatannya. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dengan proses tersebut, dikembangkan alat permainan pohon baca huruf Hijaiyah berbahan ringan dan menarik, yang diharapkan dapat mempermudah anak dalam mengenal dan membaca huruf Hijaiyah. Hasil validasi dari ahli PAUD dan media menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dengan skor rata-rata 80-85%. Implementasi produk ini di tiga lembaga Raudhatul Athfal membuktikan bahwa alat permainan ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal Alquran anak, dengan skor kelayakan rata-rata 74,7%. Penelitian ini berkontribusi penting dalam pengembangan media permainan edukatif yang mendukung peningkatan literasi agama pada anak usia dini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...