Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Mewujudkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Penerapan Budaya Mutu Sekolah (Studi Multisitus di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Kota Madiun)

Ningtyas, Eryn Irsa (Unknown)
Karwanto, Karwanto (Unknown)
Khamidi, Amrozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya kepemimpinan sekolah dalam membangun ekosistem pembelajaran yang mendukung pencapaian target literasi dan numerasi nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui penerapan budaya mutu sekolah, serta menganalisis dampak penerapan budaya mutu terhadap peningkatan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Kota Madiun dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi berbasis budaya mutu, antara lain pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, penguatan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), serta integrasi numerasi dalam mata pelajaran melalui pendekatan kontekstual. Selain itu, kepala sekolah juga membentuk tim mutu internal yang berperan dalam monitoring dan evaluasi program literasi dan numerasi secara berkala. Dampak dari strategi dan penerapan budaya mutu tersebut terlihat dari meningkatnya minat belajar siswa, partisipasi aktif guru dalam inovasi pembelajaran, serta hasil asesmen literasi dan numerasi siswa yang mengalami peningkatan signifikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kolaborasi antara kepala sekolah, guru, dan orang tua dalam menumbuhkan budaya mutu yang berkelanjutan di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...