Journal of Animation & Games Studies
Vol 11, No 1 (2025): April 2025

Metasual : Permainan Edukasi Seksual dalam Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Remaja tentang Penyakit Seksual Menular

Khoiriyah, Hani’atul (Unknown)
Nurillahilwafi, Nurillahilwafi (Unknown)
Pratama, Ade Bagus (Unknown)
Wiryawan, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2025

Abstract

Permasalahan utama kesehatan reproduksi remaja adalah masalah perilaku dan pergaulan bebas. Hal tersebut menjadikan pendidikan seksual semakin penting karena praktik seksual yang tidak sehat dan risiko kesehatan yang ditimbulkan. Salah satu media atau alat yang menjadi kegemaran remaja adalah game atau permainan dapat menjadi solusi dari permasalahan sebelumnya. Tujuan dikembangkannya permainan ini sebagai alat edukasi seksual untuk memberikan pendekatan belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi remaja yang kurang tertarik dengan metode pengajaran tradisional. Metode dalam kegiatan pengembangan didasarkan pada metodologi Design and Development Research yang melibatkan perancangan dan pengembanan game sebagai alat pendidikan. Pengujian tidak hanya dilakukan secara langsung pada target pengguna, namun tahap uji coba ini juga dilanjutkan pada pengujian dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan Skala Shorts UEQ, hasil menunjukan aplikasi game METASUAL sudah memprioritaskan keasyikan untuk pengguna, kemudian menarik untuk pengguna, berdaya cipta bagi pengguna, dan terdepan menurut sudut pandang pengguna. Hal tersebut sejalan dengan nilai skala hedonis yang sebesar 1,702.  Studi kelanjutan yang dapat didasari dari kegiatan ini adalah studi mengenai pengembangan fitur lebih lanjut dari aplikasi permainan ini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...