Gifted: Journal of Early Childhood Education
Vol. 2 No. 1 (2024)

Penerapan Media Maze Untuk Mengenalkan Konsep Bilangan di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur

Jannah, Zahratul (Unknown)
Muthmainnah, Muthmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur, beberapa anak masih kesulitan dalam menyebutkan bilangan 1-10 dan membedakan angkanya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak dengan menggunakan media maze. Metode yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 21 anak dari kelas A dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media maze dapat digunakan untuk mengenal bilangan pada anak. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata pre-test sebesar 8,71 dan post-test 16,95. Sedangkan Uji hipotesis menunjukkan thitung (13.139) > ttabel (20). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media maze efektif dapat digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gifted

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Gifted: Journal of Early Childhood Education is an open access peer-reviewed scientific journal published by Departemen Penelitian dan Pengembangan, Perkumpulan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (PPS PAUD Indonesia). The journal publishes different kinds of scientific ...