cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
fauziddin@gmail.com
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
fauziddin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, 60213
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Gifted: Journal of Early Childhood Education
ISSN : -     EISSN : 30316057     DOI : 10.37985/gifted
Core Subject : Education,
Gifted: Journal of Early Childhood Education is an open access peer-reviewed scientific journal published by Departemen Penelitian dan Pengembangan, Perkumpulan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (PPS PAUD Indonesia). The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2023. Published articles three times a year (April, August, and December)
Articles 19 Documents
Analisis Penguasaan Kosakata (Vocabulary) Bahasa Inggris Anak Usia Dini Tri Feridiyana Sudarma; Yesi Novitasari; Reswita Reswita
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/gifted.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK Ihsan Kids. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas B TK Ihsan Kids. Teknik pengambilan sampelnya mengadopsi teknik sampling populasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, rata-rata hasil penelitian adalah 2,84% Analisis penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK Ihsan Kids di Pekanbaru berada pada tingkat tinggi. Di antara indikator nilai kosakata bahasa Inggris anak usia dini dapat disimpulkan dari indikator yang nilainya lebih tinggi mencapai tingkat akhir
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Non PGPAUD dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Gita Novika Putri; Prima Suci Rohmadheny; Riana Mashar; Dwi Hastuti
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/gifted.v1i1.2

Abstract

Salah satu unit PAUD yang masih banyak gurunya belum memenuhi kualifikasi akademik adalah PAUD. Selain itu, guru yang pernah atau belum mengikuti pelatihan berjenjang mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian pembelajaran terutama pada tahap pencatatan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru lulusan non-PGPAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru lulusan non PGPAUD yang mengajar di PAUD Fullday Terpadu Aisyiyah Kasihan Bantul yang berjumlah 4 orang guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan keabsahan data menggunakan member check melalui FGD (Focus Group Discussion). Teknik analisis data yang digunakan adalah model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD Terpadu Fullday Aisyiyah Kasihan Bantul telah memenuhi 6 dari 7 indikator kompetensi dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian yaitu mengikuti pelatihan berjenjang dan dorongan dari kepala sekolah. Namun guru masih kesulitan dalam mencatat data penilaian berupa catatan anekdot, pekerjaan, dan daftar periksa. Oleh karena itu, kepala PAUD Terpadu Fullday Aisyiyah Kasihan Bantul perlu mendorong para guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademiknya dengan menempuh pendidikan S1 PGPAUD.
Peningkatan Kreativitas Anak melalui Media Plastisin Tepung pada Anak Usia Dini Joni Joni; Mohammad Fauziddin; Minarni Minarni
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/gifted.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kreativitas anak di kelompok A TK An-Nur Hangtuah dan ini mempengaruhi proses pembelajaran secara keseluruhan oleh karenanya penelitia mengajukan suatu alternatif pemecahan masalah berupa pembelajaran berbantuan media plastisin tepung. Metode penelitian yang diterapkan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yakni tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan observasi dan tahapan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi, adapun teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian diketahui adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan media plastisin tepung pada kelompok A TK An Nur Hangtuah Perhentian Raja Kampar Tahun Ajaran 2017/2018.
Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Memberikan Penguatan Kepada Anak Usia Dini Wan Nova Listia; Devina Lumban Tobing; Riska Humaiya Nasution; Yesika Tiaman Sihombing; Winna Anzelina
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/gifted.v1i1.4

Abstract

Guru harus menguasai keterampilan mengajar agar proses pembelajaran menarik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu keterampilan mengajar tersebut yaitu keterampilan memberikan penguatan. Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  penguasaan  guru  dalam     memberikan penguatan dikelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi  dan dokumentasi. Adapun yang  menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru   2 orang guru di Tk Asisi Medan. Hasil penelitian berdasarkan observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam memberikan penguatan yang dilakukan oleh guru sudah baik dalam penguatan verbal maupun non verbal. Hal ini terlihat dimana guru telah memberikan penguatan dengan  menggunakan  bahasa  yang  mudah  dipahami anak dan tidak berbelit- belit juga sering memberikan penguatan kepada anak dengan memberikan pujian atas apa yang telah dicapai anak.
Peran Media Berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melisa Nabima Angraini; Dia Fitri Yani; Windi Dwi Andika; Taruni Suningsih
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/gifted.v1i1.5

Abstract

Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi berdampak sangat besar bagi beberapa bidang salah satunya bidang pendidikan dimana penggunaan media berbasis ICT dapat menjadi sarana dalam menstimulasi kemampuan bahasa inggris anak usia dini. Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa internasional yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari setiap orang di seluruh dunia sehingga hal tersebut perlu diajarkan sedini mungkin karena pada umumnya, anak-anak usia dini masih belum mampu berbicara dengan lancar sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mengucapkan bahasa Inggris secara alami dan memerlukan bantuan baik dari lingkungan sekitar maupun kemajuan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan media berbasis ICT pada kemampuan bahasa Inggris anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literature review, yaitu sebuah pencarian literatur baik internasional maupun nasional dengan menggunakan web Google Schoolar. Sehingga dapat menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan media ICT dalam pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini bisa dilakukan dan memberikan dampak positif yang menguntungkan bagi guru maupun anak.
Pengaruh Alat Permainan Edukatif Smart Cupboard terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Widy Farah; Yuyun Andriani; Rizkini Yana; Yakesih Wibawa; Winda Widya Sari
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/0a559h15

Abstract

Alat permainan edukatif merupakan jenis alat permainan Pendidikan yang bertujuan untuk dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral. Namun tidak semua sekolah memiliki APE yang sesuai dengan rasio anak, usia anak, serta perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari alat permainan edukatif smart cupboard terhadap aspek perkembangan anak usia dini, usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dimana penulis melakukan observasi dan percobaan APE smart cupboard kepada anak usia 5-6 tahun di tk abah binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di tk abah binjai dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif yang dirancang sesuai dengan rasio dan kebutuhan anak seperti dari segi usia anak, serta aspek perkembangan anak, memiliki peran yang sangat besar terhadap aspek perkembangan anak. 11 dari 15 siswa yang menjadi sempel menunjukkan hasil  bahwasannya dengan mengimplementasikan alat permainan edukatif yang sesuai dengan kebutuhan anak akan berpengarh terhadap proses dan kesiapan belajar siswa sehingga dapat mendukung 6 aspek perkembangannya. Dengan mengimplementasikan ape yang sesuai dengan kebutuhan anak seperti APE smart cupboard yang dirancang sesuai rasio usia anak, peneliti mendapatkan hasil bahwa ape smart cupboard dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini, usia 5 – 6 tahun di tk abah  binjai.
Implementasi Pembentukan Karakter Anak melalui Lagu “4 kata ajaib” Alfan Said; Uput Purwaningrum; Meydina Hikmah Tuzzahro; Sofa Muthohar
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/spbrn750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui lagu “4 kata ajaib” di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Implementasi ini dilakukan guru karena untuk membentuk akhlak yang mulia pada anak dan menciptakan generasi muda yang berkualitas. Salah satu guru untuk membentuk karakter dapat dilakukan melalui lagu anak-anak. Karena dengan bernyanyi anak-anak lebih suka dan senang. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini untuk memberikan bekal kepada anak berupa karakter positif melalui pembiaasaan lagu 4 kata ajaib dari kata (maaf, terima kasih, tolong, dan permisi) dengan versi “KALAU KAU SUKA HATI”. Tujuannya untuk mempermudah guru dalam mendidik anak dalam membentuk karakter yang baik dan mempunyai akhlak yang mulia yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan bekal hidupnya ketika dewasa kelak.
Penerapan Media Maze Untuk Mengenalkan Konsep Bilangan di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur Zahratul Jannah; Muthmainnah Muthmainnah
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/gifted.v2i1.14

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur, beberapa anak masih kesulitan dalam menyebutkan bilangan 1-10 dan membedakan angkanya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak dengan menggunakan media maze. Metode yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 21 anak dari kelas A dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media maze dapat digunakan untuk mengenal bilangan pada anak. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata pre-test sebesar 8,71 dan post-test 16,95. Sedangkan Uji hipotesis menunjukkan thitung (13.139) > ttabel (20). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media maze efektif dapat digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur.
Pengaruh Alat Permainan Edukatif Smart Cupboard terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Farah, Widy; Andriani, Yuyun; Yana, Rizkini; Wibawa, Yakesih; Sari , Winda Widya
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/0a559h15

Abstract

Alat permainan edukatif merupakan jenis alat permainan Pendidikan yang bertujuan untuk dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral. Namun tidak semua sekolah memiliki APE yang sesuai dengan rasio anak, usia anak, serta perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari alat permainan edukatif smart cupboard terhadap aspek perkembangan anak usia dini, usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dimana penulis melakukan observasi dan percobaan APE smart cupboard kepada anak usia 5-6 tahun di tk abah binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di tk abah binjai dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif yang dirancang sesuai dengan rasio dan kebutuhan anak seperti dari segi usia anak, serta aspek perkembangan anak, memiliki peran yang sangat besar terhadap aspek perkembangan anak. 11 dari 15 siswa yang menjadi sempel menunjukkan hasil  bahwasannya dengan mengimplementasikan alat permainan edukatif yang sesuai dengan kebutuhan anak akan berpengarh terhadap proses dan kesiapan belajar siswa sehingga dapat mendukung 6 aspek perkembangannya. Dengan mengimplementasikan ape yang sesuai dengan kebutuhan anak seperti APE smart cupboard yang dirancang sesuai rasio usia anak, peneliti mendapatkan hasil bahwa ape smart cupboard dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini, usia 5 – 6 tahun di tk abah  binjai.
Implementasi Pembentukan Karakter Anak melalui Lagu “4 kata ajaib” Said, Alfan; Purwaningrum, Uput; Tuzzahro, Meydina Hikmah; Muthohar, Sofa
Gifted: Journal of Early Childhood Education Vol. 2 No. 1 (2024)
Publisher : Departemen Penelitian dan Pengembangan Perkumpulan Program Studi PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/spbrn750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui lagu “4 kata ajaib” di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Implementasi ini dilakukan guru karena untuk membentuk akhlak yang mulia pada anak dan menciptakan generasi muda yang berkualitas. Salah satu guru untuk membentuk karakter dapat dilakukan melalui lagu anak-anak. Karena dengan bernyanyi anak-anak lebih suka dan senang. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini untuk memberikan bekal kepada anak berupa karakter positif melalui pembiaasaan lagu 4 kata ajaib dari kata (maaf, terima kasih, tolong, dan permisi) dengan versi “KALAU KAU SUKA HATI”. Tujuannya untuk mempermudah guru dalam mendidik anak dalam membentuk karakter yang baik dan mempunyai akhlak yang mulia yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan bekal hidupnya ketika dewasa kelak.

Page 1 of 2 | Total Record : 19