Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan media Game Putar Makanan Bergizi (GEPUGI) sebagai stimulus makanan bergizi bagi anak usia dini. Penelitian dilakukan di RA Al-Qur’an Dina Kecamatan Padang Matinggi, yang menunjukkan bahwa pemahaman anak tentang makanan sehat masih rendah. Media GEPUGI dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman anak melalui pendekatan bermain sambil belajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi, serta diuji coba langsung terhadap siswa untuk mengetahui respon dan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media GEPUGI mendapatkan skor kelayakan dari ahli materi sebesar 86, dari ahli media sebesar 77–78, dan respon siswa sebesar 68–78. Hal ini menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman anak tentang makanan bergizi. Media ini juga terbukti praktis serta mampu menarik perhatian dan minat belajar anak usia dini, sehingga dapat digunakan sebagai media edukatif untuk pembelajaran gizi yang menyenangkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024