An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

IMPLIKASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBELARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 BULANGO SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

Hastika Boham (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi hidden curriculum dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidden curriculum diterapkan melalui keteladanan guru, pengelolaan kelas yang inklusif, dan perhatian terhadap kebutuhan individual siswa. Implikasi dari penerapan ini meliputi terciptanya lingkungan belajar yang lebih kondusif, terbentuknya karakter siswa seperti empati, tanggung jawab, dan rasa saling menghargai, serta meningkatnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hidden curriculum terbukti menjadi elemen penting dalam memperkuat pendidikan karakter melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...