Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fiqih berbasis Kurikulum Merdeka guna meningkatkan penguasaan materi shalat fardhu lima waktu pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, ditemukan bahwa media konvensional bersifat monoton dan kurang mengakomodasi gaya belajar siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran dikembangkan menggunakan aplikasi Kahoot! yang memuat kuis interaktif, ilustrasi gerakan shalat, dan audio bacaan. Produk diuji dalam dua tahap: skala terbatas (5 siswa) dan skala luas (36 siswa). Hasil uji menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan materi, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai dan hasil uji statistik (paired t-test dan Wilcoxon). Validasi guru dan siswa juga menunjukkan respons positif terhadap media yang dikembangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka efektif meningkatkan pemahaman materi fiqih siswa. Penelitian ini merekomendasikan perluasan materi, pelatihan guru, dan penguatan infrastruktur digital untuk optimalisasi implementasi di madrasah.
Copyrights © 2025