An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

PENGEMBANGAN MEDIA FIQIH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MATERI SHALAT FARDHU LIMA WAKTU

Imas Nur Cahyani (Unknown)
Ibnu Rawandhy N. Hula (Unknown)
Moh.Zulkifli Paputungan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fiqih berbasis Kurikulum Merdeka guna meningkatkan penguasaan materi shalat fardhu lima waktu pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, ditemukan bahwa media konvensional bersifat monoton dan kurang mengakomodasi gaya belajar siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran dikembangkan menggunakan aplikasi Kahoot! yang memuat kuis interaktif, ilustrasi gerakan shalat, dan audio bacaan. Produk diuji dalam dua tahap: skala terbatas (5 siswa) dan skala luas (36 siswa). Hasil uji menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan materi, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai dan hasil uji statistik (paired t-test dan Wilcoxon). Validasi guru dan siswa juga menunjukkan respons positif terhadap media yang dikembangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka efektif meningkatkan pemahaman materi fiqih siswa. Penelitian ini merekomendasikan perluasan materi, pelatihan guru, dan penguatan infrastruktur digital untuk optimalisasi implementasi di madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...