An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

DAMPAK PENGETAHUAN EVALUASI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA MATA PELAJARAN PAI DI MAN 1 KOTAMOBAGU

Diva Andira (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengetahuan evaluasi pembelajaran terhadap kinerja guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Kotamobagu. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut tidak hanya menguasai materi, tetapi juga memiliki kemampuan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang efektif. Evaluasi pembelajaran memegang peran penting dalam menilai pencapaian siswa, merancang tindak lanjut pembelajaran, serta meningkatkan kualitas proses belajar. Namun, masih ditemukan sejumlah guru PAI yang belum optimal dalam menerapkan prinsip dan Teknik evaluasi secara menyeluruh, sehingga mempengaruhi kinerja mereka secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI di MAN 1 Kotamobagu. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disusun berdasarkan indikator pengetahuan evaluasi dan kinerja guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan evaluasi pembelajaran dengan kinerja guru. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam peningkatan mutu profesionalisme guru serta menjadi dasar bagi pengambil kebijakan dalam merancang program peningkatan kompetensi guru di lingkungan madrasah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...