Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengetahuan evaluasi pembelajaran terhadap kinerja guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Kotamobagu. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut tidak hanya menguasai materi, tetapi juga memiliki kemampuan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang efektif. Evaluasi pembelajaran memegang peran penting dalam menilai pencapaian siswa, merancang tindak lanjut pembelajaran, serta meningkatkan kualitas proses belajar. Namun, masih ditemukan sejumlah guru PAI yang belum optimal dalam menerapkan prinsip dan Teknik evaluasi secara menyeluruh, sehingga mempengaruhi kinerja mereka secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI di MAN 1 Kotamobagu. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disusun berdasarkan indikator pengetahuan evaluasi dan kinerja guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan evaluasi pembelajaran dengan kinerja guru. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam peningkatan mutu profesionalisme guru serta menjadi dasar bagi pengambil kebijakan dalam merancang program peningkatan kompetensi guru di lingkungan madrasah
Copyrights © 2025