Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Falah Limboto Barat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir siswa serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran inovatif oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes keterampilan berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media audio visual terhadap keterampilan berpikir siswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 37,1%. Ini mengindikasikan bahwa media audio visual berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis siswa. Oleh karena itu, penggunaan media ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dalam mata pelajaran SKI.
Copyrights © 2025