An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL-FALAH LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Emi Austrina Mokoginta (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Falah Limboto Barat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir siswa serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran inovatif oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes keterampilan berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media audio visual terhadap keterampilan berpikir siswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 37,1%. Ini mengindikasikan bahwa media audio visual berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis siswa. Oleh karena itu, penggunaan media ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dalam mata pelajaran SKI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...