Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol. 3 No. 1 (2025): April

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital

Poernomo, Kharisma Novia (Unknown)
Natarya, Revina (Unknown)
Badry, M. Akmal Arifani Nur (Unknown)
Faizi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

  Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan modern, termasuk di Indonesia, dengan dampak signifikan terhadap pembelajaran dan perilaku sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial sebagai inovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era digital melalui metode deskriptif kualitatif berbasis kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial, seperti Facebook dan Instagram, dapat meningkatkan motivasi belajar, memperluas wawasan, dan memfasilitasi interaksi serta praktik berbahasa. Teknologi seperti Virtual Social World menciptakan lingkungan belajar yang imersif, mendukung pengalaman yang dinamis dan interaktif. Meski berpotensi besar sebagai alat pembelajaran inovatif, peran guru tetap penting dalam memastikan penggunaannya efektif dan relevan dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini menegaskan perlunya kolaborasi antara institusi pendidikan, industri teknologi, dan pelatihan guru untuk memaksimalkan manfaat media sosial, sehingga mendukung keterampilan bahasa, motivasi, dan keterlibatan siswa di era digital.

Copyrights © 2025