EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT TERHADAP SELF EFFICACY SISWA

Noviyanti, Wina (Unknown)
Ngiu, Zulaecha (Unknown)
Adhani, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

This study aims to determine the effect of ChatGPT usage on students' self-efficacy at SMA Negeri 3 Gorontalo. The background of the study is based on the growing use of artificial intelligence technologies, particularly ChatGPT, in educational activities. The research employed a quantitative approach with a descriptive correlational design. The population consisted of all students at SMA Negeri 3 Gorontalo, with a sample of 100 students selected using purposive sampling, targeting those who had used ChatGPT in their learning process. Data were collected through a Likert-scale questionnaire measuring two variables: ChatGPT usage and self-efficacy. Data analysis was conducted using simple linear regression with the help of SPSS version 21. The results showed that both the level of ChatGPT usage and students’ self-efficacy were classified as very high. The regression analysis revealed a positive and significant influence of ChatGPT usage on students’ self-efficacy, with a significance value of 0.000 (p < 0.05) and a coefficient of determination (R²) of 0.546. This indicates that ChatGPT contributes 54.6% to the increase in students’ self-efficacy. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap self-efficacy siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya penggunaan teknologi kecerdasan buatan, khususnya ChatGPT, dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Gorontalo, dengan sampel sebanyak 100 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu siswa yang telah menggunakan ChatGPT dalam proses belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert yang mengukur dua variabel, yaitu penggunaan ChatGPT dan self-efficacy. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan ChatGPT dan tingkat self-efficacy siswa sama-sama tergolong sangat tinggi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan ChatGPT terhadap self-efficacy siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,546. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT memberikan kontribusi sebesar 54,6% terhadap peningkatan self-efficacy siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan berbantuan ...