Jejak digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2025): JULI

Analisis Wacana Iklan Le Minerale pada Media Internet

Nabila Br Surbakti (Unknown)
Afif Arahman (Unknown)
Erra Fazira MT (Unknown)
Fatma Nabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana dalam iklan Le Minerale yang tersebar di media internet, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Iklan sebagai bentuk komunikasi visual dan verbal mengandung pesan-pesan persuasif yang tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga membangun makna dan ideologi tertentu. Analisis dilakukan dengan mengamati struktur wacana, visualisasi, strategi persuasi, serta dampak ideologis dan budaya yang terkandung dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Le Minerale membentuk wacana melalui perpaduan slogan yang sugestif, penggunaan selebritas, serta visualisasi yang merepresentasikan kesegaran, kesehatan, dan gaya hidup modern. Selain itu, iklan ini juga mencerminkan ideologi konsumerisme dengan membingkai konsumsi air mineral sebagai simbol status dan pilihan hidup sehat. Strategi multimodal yang diterapkan memperlihatkan bagaimana bahasa dan citra bersatu untuk membentuk pemahaman sosial yang baru terhadap produk. Dengan demikian, iklan Le Minerale bukan sekadar promosi, tetapi juga instrumen yang menyebarkan nilai-nilai budaya dan ideologi pasar. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jejakdigital

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal elektronik dan cetak Open Access Journal yang diterbitkan oleh Indo Publishing setiap 6 kali dalam setahun menyediakan forum untuk mempublikasikan artikel penelitian asli, artikel review dari kontributor, dan berita teknologi baru mencangkup multidisiplin ...