Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Article Research Volume 4 Issue 2, December 2024

Aplikasi E-Survey Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Wilayah DJP Sumut 1 Menggunakan Metode Service Quality

Purnomo, Hadi (Unknown)
Atmaja, Niko Surya (Unknown)
Suherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Kualitas pelayanan dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi tamu terhadap pelayanan yang diterima dengan pelayanan yang diharapkan dengan pengambilan data melalui kuesioner. Kanwil DJP Sumut 1 masih menggunakan kuesioner berupa kertas di tempat-tempat ruang tunggu sehingga menyulitkan tamu yang mengisi kuesioner maupun pegawai dalam merekap dan mengolah data. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi e-survey dengan pengolahan data kuesioner menggunakan metode service quality. Perancangan aplikasi menggunakan UML dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi literatur. Aplikasi e-survey berhasil diujicoba dengan baik menggunakan metode blackbox dan hasil pengolahan data kualitas pelayanan yang ditampilkan oleh aplikasi telah sesuai dengan persamaan rumus pada metode service quality. Pegawai Kanwil DJP Sumut 1 menjadi lebih mudah menentukan pernyataan kuesioner dan mengolah hasil pengisian kuesioner.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...