Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Article Research Volume 4 Issue 2, December 2024

Pengembangan Dan Implementasi Aplikasi Pelayanan Jasa Berbasis Web Pada CV Altrama Energi

Gultom, Ananda Christianto (Unknown)
Batubara, Supina (Unknown)
Sitorus, Zulham (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Kualitas jasa layanan yang prima mampu menciptakan loyalitas konsumen sehingga dapat tercipta hubungan kerja yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. CV Altrama Energi adalah salah satu perusahaan layanan jasa penyewaan alat berat maupun perawatan atau perbaikannya untuk berbagai kebutuhan pekerjaan berat seperti konstruksi maupun pertanian. Dengan kondisi pengelolaan data yang tidak efektif mengakibatkan pimpinan CV Altrama Energi kesulitan melakukan pencarian data, pemantauan jadwal pekerjaan maupun penagihan. Hal ini dapat mempengaruhi reputasi CV Altrama Energi dimata konsumen yang dapat mengakibatkan terputusnya hubungan kerjasama dengan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi layanan jasa berbasis web untuk mengolah data jasa penyewaan dan jasa perbaikan alat berat pada CV Altrama Energi menggunakan metode prototipe, perancangan aplikasi menggunakan unified modelling language, dan pengujian menggunakan metode Black Box. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode prototipe cocok digunakan dalam pengembangan aplikasi di CV Altrama Energi karena seringnya terjadi perubahan kebutuhan serta aplikasi yang dihasilkan user friendly digunakan oleh pegawai administrasi maupun pimpinan CV Altrama Energi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...