Etika adalah prinsip dasar yang membimbing perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Rendahnya kesadaran etika siswa pada era digital juga berdampak pada kehidupan siswa di SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Sebagai upaya strategis dalam rangka menangani rendahnya kesadaran etika di lingkungan pendidikan, pembelajaran PPKn menjadi salah satu sumber dalam membina siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai moral dan sosial sebagaimana yang ada dalam lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa setuju bahwa PPkn menjadi salah satu sumber belajar mengenai etika dan membantu siswa dalam memahami etika dalam aplikasinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana PPKn dapat menjadi sumber maupun media dalam pembinaan etika siswa di SMA Negeri 1 Amarasi Barat agar dapat terwujud generasi muda yang memiliki sikap dan perilaku etis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui platform digital dengan penyebaran kuisioner google form bagi subjek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini memberikan gambaran terkait proses dan hasil pembinaan etika siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Berdasarkan penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amarasi Barat dengan pendekatan kontekstual dan aplikatif yang mengintegrasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila efektif dan mampu meningkatkan kesadaran siswa terhadap etika dalam kehidupan di lingkungan sekitar siswa yang diaplikasikan dengan perilaku positif dalam interaksi sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025