Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 18 No. 1 (2025): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

STUDI KEBUTUHAN TRAINER IOT SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MOTOR LISTRIK

Isnaini, Muhammad (Unknown)
Sinaga, Nelson (Unknown)
Mursid, R. (Unknown)
Lubis, Ali Akbar (Unknown)
Lubis, Elizar Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan trainer berbasis Internet of Things (IoT) sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran praktik di bidang teknik elektro. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 20 mahasiswa dan 2 dosen pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang mencakup tiga indikator utama, yaitu: kebutuhan materi, efisiensi, dan kualitas pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pencapaian responden (TPR) pada seluruh indikator berada dalam kategori sangat tinggi, yaitu sebesar 87,80% untuk mahasiswa dan 89,58% untuk dosen. Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat urgensi dalam penyediaan media pembelajaran berbasis IoT yang mampu menjawab tantangan pembelajaran praktik berbasis teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan trainer IoT sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan kesiapan mahasiswa menghadapi perkembangan teknologi industri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...