Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Vol 10 No 01 (2025): Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

INTERPRETASI MAʻNA CUM MAGHZA ANALISIS KONSEP KEBANGSAAN DALAM QS. AL-ḤUJURAT [49]: 13

Wafi, Moh. Ali (Unknown)
Mardhatillah, Masyithah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Pertikaian antarsuku dan etnis di Indonesia tidak selaras dengan kandungan QS. Al-Ḥujurāt [49]: 13. Ayat tersebut mengisyaratkan bahwa manusia memang diciptakan dengan beragam perbedaan, termasuk berbeda dari segi suku ataupun etnis.  Penelitian ini mengkaji konsep kebangsaan sebagai pesan yang terkandung dalam QS. Al-Ḥujurāt [49]: 13 dalam perspektif hermeneutika kuasi objektif progresif, yakni hermeneutika Mana-cum-Maghza. Penelitian ini berupaya menganalisis konsep kebangsaan dalam QS. Al-Ḥujurāt [49]: 13  dengan berfokus pada tiga term sebagai kata kunci ayat, meliputi manusia (an-nās), bangsa-bangsa (syuʻūb), dan suku-suku (qabā’il). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data dari bahan kepustakaan, utamanya kitab-kitab tafsir, dan rujukan primer mengenai maʻnā-cum-magzhā. Hasil penelitian menunjukkan bahwa QS. Al-Ḥujurāt [49]: 13  menjelaskan tentang konsep kebangsaan yang berdasar pada persaudaraan sebangsa. Interpretasi maʻnā-cum-magzhā dari ayat ini menunjukkan adanya tiga pesan utama, yaitu pertama, penegasan bahwa semua manusia sama derajat kemanusiaannya. Kedua, penegasan tentang urgensi persaudaraan sebangsa. Ketiga, toleransi dalam menghadapi setiap perbedaan. Ketiga poin ini merupakan pesan utama yang ada di dalam QS. Al-Hujurat [49]: 13 sekaligus merupakan konsep kebangsaan. Jika suatu bangsa, masyarakatnya menanamkan sikap dan rasa persaudaraan sebangsa dengan tiga pesan utama di atas dengan disadari, dipahami, dan diaplikasikan, maka hidup yang harmonis akan didapatkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir: is a peer review of a national journal published by the Tarbiyah Department of Al Hidayah Islamic High School in Bogor in an Islamic Education study program. This journal focuses on issues of Qur'anic science and ...