Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2: Juli 2025

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI): MANFAAT UNTUK MENUNJANG KONTEN DAN ASESMEN FORMATIF PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI

I Made Surya Hermawan (Unknown)
Ida Bagus Ari Arjaya (Unknown)
I Made Diarta (Unknown)
Ni Wayan Ekayanti (Unknown)
Komang Ayu Shri Candrika Kumara (Unknown)
Ni Kadek Happy Sri Wahyuni6 (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran terdiferensiasi merupakan pendekatan yang sangat penting dalam konteks pendidikan yang berpusat pada siswa. Metode ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan, gaya belajar, serta minat mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru untuk merancang konten dan asesmen pembelajaran terdiferensiasi berbantuan AI. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Widiatmika Jimbaran dengan metode pelatihan. Kegiatan pelatihan AI dalam penyusunan konten pembelajaran interaktif dan asesmen formatif pembelajaran terdiferensiasi telah mencapai target yang ditetapkan. Hal tersebut ditunjukkan dengan semua rencana kegiatan telah dilaksanakan. Di samping itu, terdapat hasil positif baik dalam hal pemahaman dan persepsi guru terhadap AI dalam penyusunan konten pembelajaran interaktif dan asesmen formatif pembelajaran terdiferensiasi. SMP Widiatmika juga memberikan partisipasi yang sangat baik terkait penyiapan sarana dan prasarana pelatihan. Pemahaman dan persepsi guru SMP Widiatmika terhadap penyusunan konten pembelajaran interaktif dan asesmen formatif pembelajaran terdiferensiasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan sebagian besar guru memiliki pemahaman yang baik dan persepsi positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...