Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2: Juli 2025

PENINGKATAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MASALAH UNTUK GURU SMP SE KABUPATEN LANGKAT

Martina Restuati (Unknown)
Syawal Gultom (Unknown)
Aida Fitriani Sitompul (Unknown)
Nanda Pratiwi (Unknown)
Sanimah, Sanimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim dosen pengabdian masyarakat FMIPA Universitas Negeri Medan ini peningkatan kompetensi guru SMP dalam menerapkan pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah. Pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah dapat meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan pengabdian mengacu pada permasalahan dan analisa situasi pada mitra. Adapun masalah yang dihadapi mitra adalah 1) Proses belajar mengajar masih sangat berfokus pada guru (teacher centered) sebagai sumber utama informasi atau pengetahuan. 2) Media pembelajaran IPA yang kurang optimal dalam meningkatkan literasi sains siswa dan berpikir kritis. 3) Kurangnya kompetensi guru SMP dalam menerapkan pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah Pembelajaran IPA yang diterapkan di SMP/MTs saat ini dikemas secara terpadu. Dengan demikian, dalam pembelajaran IPA Terpadu siswa dapat memperoleh pengalaman belajar secara langsung dalam menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran, sekaligus meningkatkan keterlibatan dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...