Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim dosen pengabdian masyarakat FMIPA Universitas Negeri Medan ini peningkatan kompetensi guru SMP dalam menerapkan pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah. Pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah dapat meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan pengabdian mengacu pada permasalahan dan analisa situasi pada mitra. Adapun masalah yang dihadapi mitra adalah 1) Proses belajar mengajar masih sangat berfokus pada guru (teacher centered) sebagai sumber utama informasi atau pengetahuan. 2) Media pembelajaran IPA yang kurang optimal dalam meningkatkan literasi sains siswa dan berpikir kritis. 3) Kurangnya kompetensi guru SMP dalam menerapkan pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah Pembelajaran IPA yang diterapkan di SMP/MTs saat ini dikemas secara terpadu. Dengan demikian, dalam pembelajaran IPA Terpadu siswa dapat memperoleh pengalaman belajar secara langsung dalam menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran, sekaligus meningkatkan keterlibatan dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025