"Indonesian Journal for Physical Education and Sport "
Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES

Pengembangan Model Senam Sahaja Renjana Dalam Pembelajaran Aktivitas Senam Ritmik Pada Siswa SMP Di Kecamatan Karanganom

Rachmad Irfan Nur Maliki (Unknown)
Dwi Gansar Santi Wijayanti (Unknown)
Agus Pujianto (Unknown)
Ipang Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pembelajaran yang efektif sangat penting untuk keberhasilan pendidikan, terutama dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran senam ritmik yang lebih menarik bagi siswa sekolah menengah pertama di Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dengan menciptakan produk senam “Sahaja Renjana”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa aspek kognitif peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,75% (Cukup Baik), meskipun siswa cenderung bermain sendiri dan kurang memperhatikan saat praktik. Pada aspek afektif, siswa mencapai presentase 64,57% (Cukup Baik), menunjukkan bahwa senam sahaja renjana efektif dalam mengajarkan sikap kerjasama, kejujuran, tanggung jawab, dan sportifitas. Aspek psikomotorik menunjukkan presentase 68,4% (Cukup Baik), menandakan bahwa senam sahaja renjana diterima dengan baik oleh peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memandu para guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang inovatif dan efektif pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inapes

Publisher

Subject

Other

Description

Final decision of articles acceptance will be made by Editors according to reviewers comments. Publication of accepted articles including the sequence of published articles will be made by Editor in Chief by considering sequence of accepted date and geographical distribution of authors as well as ...