Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan landasan teoritis yang tepat terkait pendekatan bermain melalui permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan adaptasi air dalam pembelajaran renang di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur di mana penulis menghimpun data dari penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Pengumpulan data dimulai dengan pencarian literatur dengan memasukkan beberapa kata kunci, antara lain “permainan tradisional”, “pembelajaran renang usia dasar”, “pengenalan air”, dan “pendekatan bermain” pada google scholar dan semantic scholar. Artikel jurnal yang telah dihimpun selanjutnya dibaca dan diproses untuk menemukan sebuah landasan teori. Penulis mendapatkan 50 penelitian terdahulu yang membahas terkait pendekatan bermain melalui permainan tradisional dalam peningkatan adaptasi air pada pembelajaran renang siswa sekolah dasar. Berdasarkan temuan tersebut, penulis mengambil 13 (tiga belas) artikel jurnal sebagai bahan tinjauan utama. Simpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain melalui permainan tradisional mampu meningkatkan kemampuan adaptasi air pada pembelajaran renang di sekolah dasar. Pendekatan ini mampu mengurangi rasa takut dan kecemasan pada anak sehingga tahapan belajar renang selanjutnya bisa dilakukan dengan lebih efektif.
Copyrights © 2025