JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol. 9 No. 2 (2025)

Strategi Pemasaran Produk UMKM Agribisnis Melalui Penerapan Online Marketing

Moonti, Agustinus (Unknown)
Dina Novayanti (Unknown)
Ria Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui Faktor Internal dan Eksternal pemasaran online produk dan strategi pemasaran online UMKM Menara Emas di Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto pada bulan Desember sampai Februari. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini identifikasi faktor internal dan faktor eksternal produk UMKM agribisnis Menara Emas : Faktor internal meliputi: kekuatan yang ada di UMKM Menara Emas yaitu Modal usaha, Legalitas usaha, Produk berkualitas, Produk yang bervariasi, Varian rasa produk, Peralatan modern, Harga terjangkau dan Dukungan teknologi digital. Sedangkan kelemahan yang ada di UMKM Menara Emas adalah Tempat produksi kurang memadai, Promosi kurang optimal, Tidak memiliki hak paten dan Bentuk kemasan kurang menarik. Faktor eksternal meliputi: peluang yang akan nanti ada di UMKM Menara Emas yaitu Ekspansi usaha, Peningkatan volume penjualan, Peningkatan kepuasan pelanggan, Inovasi lini produk baru dan Hubungan baik dengan distributor. Sedangkan ancaman yang ada di UMKM Menara Emas yaitu Adanya pesaing dari UMKM lainnya, Perubahan selera konsumen dan Produk sejenis. Strategi pemasaran produk di UMKM Menara Emas berdasarkan diagram SWOT pada posisi kuadran I, maka strategi yang terpilih adalah kombinasi strategi S-O yaitu: 1). Memanfaatkan jaringan digital media social berbayar dalam promosi produk, 2). Optimalisasi modal dalam inovasi produk dan pengembangan teknologi digital, 3). Mendesain konten iklan yang unik, 4). Memperluas segmen pasar dan stakeholder melalui jejaring media social.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...