Instagram is a social media that is widely used by the public, especially among Millennials and Gen Z. One of the user terms is called Food Curator which is a reviewer about culinary tourism that is starting to bloom in the city of Balikpapan, Dapurbalikpapan is one of the Food Curators in the city of Balikpapan which has a large number of followers, this research is to find out the application of Social Information Processing in maintaining the relationship between Dapurbalikpapan with followers. This study uses a qualitative descriptive research method, the types of data presented are observations and interviews using primary data through data sources from key informant and informants, secondary data through document sources, e-journals, books, and articles. The analysis technique used is qualitative data analysis with an interactive model developed by Miles & Huberman with a research focus on 3 stages of social information processing, namely interpersonal information, impression formation, relationship development. Based on the results of the research, the data analysis that the researchers have done found that, Dapurbalikpapan implements these three stages and Dapur balikpapan as a Food Curator is able to develop relationships with their followers, and create a relationship that is called hyperpersonal. Hyperpersonal is a relationship that occurs in computer-mediated interactions and is more interesting than facet-to-face interactions in the same position. Abstrak Instagram merupakan media sosial yang ramai digunakan oleh masyarakat, terutama pada golongan Milenial dan Gen Z. Salah satu istilah penggunanya disebut Food Curator yang merupakan pengulas tentang wisata kuliner mulai marak di kota Balikpapan, Dapurbalikpapan merupakan salah satu Food Curator yang ada di kota Balikpapan yang memiliki jumlah pengikut yang banyak, penelitian ini untuk mengetahui penerapan Social Information Processing dalam mempertahankan hubungan Dapurbalikpapan dengan pengikutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, jenis data yang disajikan yaitu observasi dan wawancara menggunakan data primer melalui sumber data key informan dan informan, data sekunder melalui sumber dokumen, e-journal, buku-buku, dan artikel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman dengan fokus penelitian 3 tahap social information processing yaitu interpersonal information, impression formation, relationship development. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data yang telah dilakukan, menemukan bahwa, Dapurbalikpapan menerapkan ketiga tahapan tersebut dan Dapurbalikpapan sebagai Food Curator mampu mengembangkan hubungannya dengan para pengikutnya, dan menciptakan suatu hubungan yang disebut hyperpersonal. Hyperpersonal merupakan hubungan yang terjadi dalam interaksi bermediasi komputer dan lebih menarik dibandingkan dengan interaksi face-to-face dalam posisi yang sama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025