Jurnal Komunikasi Nusantara
Vol 7 No 1 (2025)

Analisis Engagement Rate Pada Konten Video di Akun Tiktok Grup Idol Virtual Plave @plave official

Alifah, Tadzkiah (Unknown)
Wahdiyati, Dini (Unknown)
Rahman, Nurlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Tiktok, which is a social media platform that contains short videos to build creativity and achieve popularity quickly, makes Tiktok one of the places to build engagement in helping digital marketing. This research aims to find out how Plave (Vlast Entertainment) uses the Tiktok platform to get good engagement so that Plave can be increasingly known and can create interaction relationships with the audience on Tiktok more widely. The method used is qualitative content analysis to see from the content of the Tiktok content that has been created by Plave whether or not it has achieved good engagement, so as to be able to create an interaction relationship with a wider audience. From the results of the analysis of the Tiktok Plave account, Plave has made good use of its Tiktok account so that the account can get a good engagement rate and from the acquisition of a good engagement rate, Plave can reach a large audience and can create interaction relationships with fans and other audiences on Tiktok. Abstrak Tiktok yang merupakan platform media sosial yang berisi video pendek untuk membangun kreativitas dan mencapai popularitas dengan cepat, membuat Tiktok menjadi salah satu tempat untuk membangun engagement dalam membantu pemasaran digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara pihak Plave (Vlast Entertaiment) memanfaatkan platform Tiktok untuk memperoleh engagement yang bagus sehingga Plave bisa semakin dikenal dan bisa menciptakan hubungan interaksi dengan audiens di Tiktok lebih luas. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif untuk melihat dari isi konten Tiktok yang telah dibuat pihak Plave sudah mencapai engagement yang bagus atau belum, sehingga mampu menciptakan hubungan interaksi dengan audiens yang lebih luas. Dari hasil penelitian analisis akun Tiktok Plave, pihak Plave sudah memanfaatkan akun Tiktoknya dengan baik sehingga akun tersebut dapat memperoleh engagement rate yang bagus dan dari perolehan engagement rate yang bagus tersebut plave bisa meraih audiens yang banyak dan bisa menciptakan hubungan interaksi dengan penggemar serta audiens lain di Tiktok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkn

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Komunikasi Nusantara (JKN) merupakan jurnal ilmu komunikasi yang diterbitkan oleh Unitri Press Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Komunikasi Nusantara menerima tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam bentuk naskah hasil penelitian atau kajian teori dan konsep.. Jurnal Komunikasi ...