Journal of Noncommunicable Diseases (JOND)
Vol 5, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Edukasi dengan Video Teknik Laktasi terhadap Keterampilan Menyusui pada Ibu Post Partum di RSUD Kanjuruhan, Kabupaten Malang

Utami, Dian Asih Ning (Unknown)
Angesti, Herlina Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Pemberian ASI eksklusif sering kali tidak efektif akibat teknik laktasi yang salah, menyebabkan puting lecet, nyeri, dan penyapihan dini. Edukasi menggunakan video teknik laktasi dianggap efektif untuk meningkatkan keterampilan menyusui pada ibupost partum. Video edukasi ini adalah media audio-visual yang memadukan gambar bergerak dengan suara yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan video teknik laktasi terhadap keterampilan menyusui pada ibu post partum. Penelitian dilakukan di RSUD Kanjuruhan pada Agustus hingga September 2024 dengan quasi eksperimental design dengan model pretest-post test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu post partum di RSUD Kanjuruhan, dengan sampel 64 ibu yang dipilih secara purposive sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 32 kelompok perlakuan dan 32 kelompok kontrol. Variabel bebas adalah edukasi video teknik laktasi, dan variabel terikat adalah keterampilan menyusui. Pretest dilakukan sebelum edukasi, dan post test setelah intervensi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, video teknik laktasi, dan lembar pengamatan menyusui dari WHO/UNICEF. Analisis data menggunakan uji univariat untuk variabel pendidikan, paritas, dan pengetahuan, serta uji bivariat dengan Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig 0.005 < 0.05, yang berarti hipotesis diterima dan menunjukkan bahwa edukasi dengan video teknik laktasi berpengaruh terhadap keterampilan menyusui ibu post partum di RSUD Kanjuruhan, Kabupaten Malang.Exclusive breastfeeding is often ineffective due to incorrect lactation techniques, causing sore, cracked nipples, pain, and early weaning. Education using lactation technique videos is considered effective in improving breastfeeding skills in postpartum mothers. These educational videos are audiovisual media combining moving images with supporting sound. This study aims to determine the effect of education using lactation technique videos on breastfeeding skills in postpartum mothers. The research was conducted at RSUD Kanjuruhan from August to September 2024 using a quasi-experimental pretest-posttest control group design. The population of this study consisted of all postpartum mothers at RSUD Kanjuruhan, with a sample of 64 mothers selected through purposive sampling. The sample was divided into two groups, with 32 in the treatment group and 32 in the control group. The independent variable was education using lactation technique videos, and the dependent variable was breastfeeding skills. A pretest was conducted before the education, and a posttest was conducted after the intervention. The instruments used were a questionnaire, lactation technique video, and breastfeeding observation sheet from WHO/UNICEF. Data analysis used univariate tests for variables such as education, parity, and knowledge, and bivariate analysis with the Mann-Whitney test. The Mann-Whitney test result showed an Asymp.Sig value of 0.005 < 0.05, meaning the hypothesis was accepted and indicating that education using lactation technique videos had an effect on breastfeeding skills in postpartum mothers at RSUD Kanjuruhan, Malang Regency.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOND

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Journal of Non Communicable Diseases (JOND) merupakan jurnal bidang kesehatan yang mempublikasi karya ilmiah tentang penyakit tidak menular (noncommunicable diseases) dalam kajian bidang keperawatan, kebidanan, gizi, farmasi, sanitasi lingkungan serta disiplin ilmu kesehatan lainya. Jurnal yang ...