Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 5 Nomor 1 Tahun 2025

Intervensi Konseling Kelompok Berbasis CBT terhadap Regulasi Emosi Santri

Salsabila, Raina Rahma (Unknown)
Kusnawan, Aep (Unknown)
Nurmasari, Yessika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling kelompok berbasis terapi perilaku kognitif terhadap regulasi emosi santri di pondok pesantren. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan satu kelompok pretest dan posttest. Subjek penelitian berjumlah sepuluh orang santri yang memiliki tingkat regulasi emosi rendah. Pengumpulan data menggunakan skala regulasi emosi yang mencakup lima dimensi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata regulasi emosi setelah intervensi. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,005, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi. Perhitungan efek menunjukkan nilai 0,89 yang termasuk kategori pengaruh besar. Temuan ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling kelompok berbasis terapi perilaku kognitif efektif dalam meningkatkan regulasi emosi santri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...