Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait keterampilan sosial anak yang masih rendah; dan anak sering mengalami kesulitan dalam menjaga konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan signifikan kemampuan regulasi emosi dan konsentrasi, baik secara parsial maupun simultan, antara anak yang dibelajarkan dengan metode Mindfulness teknik STOP dan anak yang dibelajarkan dengan metode ceramah. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, populasinya adalah anak Kelompok B sejumlah 90 siswa. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan group random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistic inferensial. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat perbedaan yang simultan metode Mindfulness terhadap kemampuan konsentrasi dan regulasi emosi pada pada anak; terdapat pengaruh implementasi pembelajaran Mindfulness terhadap kemampuan konsentrasi anak; dan terdapat pengaruh implementasi metode Mindfulness terhadap regulasi emosi pada anak. Dengan membekali anak dengan keterampilan ini sejak dini, mereka akan lebih siap menghadapi tantangan emosional yang lebih besar di masa depan, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sosial mereka.
Copyrights © 2025