ILKOMEDIA: Jurnal Ilmu Komputer dan Multimedia
Vol. 2 No. 1 (2025): ILKOMEDIA Edisi Juni 2025

Analisis Metode UTA Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Deteksi Gangguan Mata Pada Mahasiswa Universitas Mulia

Muhammad Rofi Zuhair (Unknown)
Djawara Ahmad (Unknown)
Yustian Servanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Kemajuan teknologi di era Industri 4.0 menjadikan gadget sebagai elemen penting dalam kehidupan akademik mahasiswa. Perangkat seperti handphone, tablet, dan laptop kini menjadi sarana utama dalam kegiatan belajar, diskusi, dan penyelesaian tugas. Meski bermanfaat, penggunaan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif, khususnya pada kesehatan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan gadget terhadap kondisi mata mahasiswa Universitas Mulia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode UTA, serta pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami keluhan seperti mata lelah, perih, hingga pandangan kabur, terutama saat penggunaan melebihi lima jam per hari. Selain itu, tingginya durasi penggunaan juga berkaitan dengan penurunan konsentrasi dan gangguan tidur. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan berdampak negatif pada kesehatan mata dan fokus belajar. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran mahasiswa dalam mengatur waktu penggunaan gadget, serta dukungan dari pihak kampus melalui kebijakan yang mengatur pemanfaatan perangkat digital dalam aktivitas akademik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilkomedia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Fokus dan ruang lingkup pada jurnal ini meliputi: Artificial Intelligence, Image Processing and Pattern Recognition, Computer Vision, Machine Learning, Data Mining, Data Warehouse, Big Data, Data Analytics, Data Science, Natural Language Processing, Software Engineering, Information System, ...