Perkembangan Teknologi Informasi sebagai alat strategis, penting digunakan untuk memaksimalkanpotensi perusahaan dalam meningkatkan sumber daya dan sasaran strategi. Dalam lingkungan bisnis saat inidengan segala kompleksitasnya, sangat diperlukan respon cepat dan globalisasi disemua bidang agar biaya untukorganisasi atau perusahaan dapat turun signifikan untuk tetap bisa bersaing memenuhi inisiatif dan tantanganbisnis, dengan tetap memperhatikan bagaimana mengatasi risiko. Pelayanan publik sebagai sebuah proses bisnisyang melibatkan warga negara memiliki kompleksitas yang tinggi sehingga kebutuhan pemanfaatan teknologiinformasi menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakan. Penerapan tata kelola sistem dan teknologi informasidalam pelayanan publik menjadi sebuah konsep yang mutlak diimplementasikan untuk peningkatan produktivitas,efektivitas, dan efiensi. Produktivitas, efektivitas pelayanan pelanggan mengacu pada tercapainya kepuasanpelanggan. Acuan kepuasan pelanggan dalam konteks pelayanan publik nampak dari respon warga negara yangcepat dalam kinerja yang dilakukan pemerintah saat dilakukan pelayanan. Fokus utama yang harus dicapaipemerintah yaitu kemakmuran, profitability, dan good governance. Kendala dalam implementasi IT Governancedalam pelayanan publik adalah pengaruh sosial, politik, dan ekonomi, serta konsep kolaborasi antar organisasi.
Copyrights © 2025