Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi
Vol. 11 No. 1 (2025): Mei 2025

Analisis Penerapan IT Governance Berbasis Cobit 5 Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung

Mahayani, Putu Ayu Chris (Unknown)
Indriyani, I. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi sebagai alat strategis, penting digunakan untuk memaksimalkanpotensi perusahaan dalam meningkatkan sumber daya dan sasaran strategi. Dalam lingkungan bisnis saat inidengan segala kompleksitasnya, sangat diperlukan respon cepat dan globalisasi disemua bidang agar biaya untukorganisasi atau perusahaan dapat turun signifikan untuk tetap bisa bersaing memenuhi inisiatif dan tantanganbisnis, dengan tetap memperhatikan bagaimana mengatasi risiko. Pelayanan publik sebagai sebuah proses bisnisyang melibatkan warga negara memiliki kompleksitas yang tinggi sehingga kebutuhan pemanfaatan teknologiinformasi menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakan. Penerapan tata kelola sistem dan teknologi informasidalam pelayanan publik menjadi sebuah konsep yang mutlak diimplementasikan untuk peningkatan produktivitas,efektivitas, dan efiensi. Produktivitas, efektivitas pelayanan pelanggan mengacu pada tercapainya kepuasanpelanggan. Acuan kepuasan pelanggan dalam konteks pelayanan publik nampak dari respon warga negara yangcepat dalam kinerja yang dilakukan pemerintah saat dilakukan pelayanan. Fokus utama yang harus dicapaipemerintah yaitu kemakmuran, profitability, dan good governance. Kendala dalam implementasi IT Governancedalam pelayanan publik adalah pengaruh sosial, politik, dan ekonomi, serta konsep kolaborasi antar organisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtk3ti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang diterbitkan berkala oleh Magister Sistem Informasi UNIKOM dua kali dalam setahun. Materi berisi keilmuan sistem informasi seperti: Manajemen Sistem Informasi, ERP, EAP, Kerangka Kerja TI, Tata Kelola TI, Manajemen Resiko, COBIT, Stakeholder Management, CRM, Change Management, IT ...