Anak-anak dengan Down Syndrome mengalami keterlambatan keterampilan kognitif yang dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk berpikir secara abstrak, menyelesaikan masalah dan mengingatkan mereka pada informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji betapa pentingnya pendidikan dalam perkembangan kognitif anak Down Syndrome yang ada di sekolah yang luar biasa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan proses analisis data yang diawali dengan menganalisis secara keseluruhan data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, dokumentasi pribadi, dan dokumentasi resmi. Subjek penelitian ini difokuskan pada orang tua dan guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa di Banda Aceh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain pendidikan akademik, anak-anak dengan Down Syndrome di SLB juga diberikan pendidikan tentang keterampilan hidup. Selanjutnya, perkembangan kognitif pada Anak Down Syndrome memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai perkembangannya dibandingkan teman sebaya. Dengan demikian, orang tua dan guru diharapkan dapat lebih memahami kondisi anak Down Syndrome dan memberikan dukungan yang tepat untuk kebutuhan mereka.
Copyrights © 2025