eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 8 No 2 (2024): Desember

PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR LANGKAH POLYA: STUDI KASUS DI SMP ISLAM HASANUDDIN DAU-MALANG

Sudarmin, Sudarmin (Unknown)
Fathurrahman, Fathurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar berdasarkan langkah-langkah Polya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan lima siswa kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau-Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tingkat kemampuan matematika melalui tes diagnostik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara mendalam, kemudian dianalisis menggunakan indikator berpikir kreatif meliputi kefasihan, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Hasil penelitian mengungkapkan variasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada aspek kefasihan, sebagian siswa mampu memenuhi kriteria secara cukup sementara lainnya masih kurang. Aspek keluwesan menunjukkan keterbatasan siswa dalam mengeksplorasi solusi alternatif. Dalam aspek keaslian, beberapa siswa mampu memberikan jawaban alternatif meskipun tidak sepenuhnya benar. Aspek keterincian mengungkap kecenderungan siswa untuk melewatkan langkah-langkah sistematis dalam penyelesaian masalah. Temuan penting penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak konsisten dalam menerapkan langkah Polya, terutama pada tahap memahami masalah, memeriksa kembali, dan menyimpulkan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendampingan lebih intensif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara komprehensif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...